Agar Tak Mudah Sakit di Musim Penghujan

Tue 15 Dec 2015 4:15 AM

Musim hujan datang lagi. Hati-hati, berbagai penyakit rentan menyerang tubuh kita selama musim hujan. Agar tak mudah sakit, sebaiknya kamu mulai memperhatikan kesehatan.

Bersihkan Diri, Bersihkan Rumah

Menjaga kebersihan diri di musim penghujan penting agar tubuh tidak rentan terhadap penyakit. Jika kehujanan, segeralah mandi agar suhu tubuh kembali normal dan kamu tidak jatuh sakit. Selain itu, rutin membersihkan rumah juga tak kalah penting. Populasi nyamuk di musim hujan, akan semakin banyak selama musim hujan, jadi agar penyakit demam berdarah tidak menyerang, bersihkan selalu parit, bak air, sudut, dan celah di rumah yang mudah tergenang air dan berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Tetap Olahraga

Jangan menjadikan hujan sebagai alasan untuk berhenti berolahraga. Kamu harus tetap berolahraga karena dengan demikian daya tahan tubuh terhadap penyakit tetap terjaga. Jika berolahraga di luar ruangan tidak memungkinkan karena hujan, kamu bisa tetap berolahraga di dalam rumah, misanya dengan skipping, senam, yoga dan sebagainya. Dengan kondisi tubuh yang selalu fit, kamu pun akan tetap semangat beraktifitas.

Vitamin dan Nutrisi

Perbanyaklah konsumsi makanan dengan kandungan vitamin C untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Selain vitamin C, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau selada, memiliki nutrisi baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan. Selain itu, keringat tidak mudah menguap karena tingkat kelembaban yang tinggi ketika musim hujan, jadi ingat selalu  untuk minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi. Air juga membatu proses detoksifikasi yang akan membuat tubuh senantiasa sehat.

Lindungi Diri

Sedia payung sebelum hujan bukan saja sebuah kiasan. Kamu memang harus selalu menyediakan payung di dalam tas atau mobil saat musim hujan. Selain agar tidak jatuh sakit, kehujanan dalam perjalanan tentu akan membuat penampilanmu rusak. Memilih alas kaki yang tertutup dan mencuci kaki saat tiba di tujuan juga penting dilakukan, agar bakteri penyebab flu, kolera, diare, dan jamur tidak mudah menyerang imunitasmu.  

Gambar : http://3.bp.blogspot.com/-ZE0tKwXU-CM/VODELuzCyDI/AAAAAAAAH70/SUJ8E9QdvQI/s1600/IMG_3482.JPG

MOST POPULAR