MENCEGAH KETOMBE PADA RAMBUT BERHIJAB

Tue 12 Jan 2016 8:39 AM

Ketombe merupakan penyakit kulit yang paling sering terjadi, termasuk pada wanita berhijab. Ketombe terjadi akibat aktivitas kelenjar sebum yang berlebihan, faktor hormonal, dan faktor-faktor lain seperti daya tahan tubuh, adanya mikroorganisme (jamur), cuaca, nutrisi, dan stress psikis. Kondisi kulit kepala yang tertutup karena penggunaan topi dan hijab setiap hari juga rentan memicu ketombe. Perawatan rambut dan kulit kepala yang tepat sangat diperlukan agar rambut terhidar dari masalah ketombe.

Ketombe memang bukan suatu penyakit yang berbahaya, namun mereka yang mengalaminya biasanya akan merasa terganggu dan menjadi kurang percaya diri. Tak jarang ketombe hilang timbul dan sulit ditangani, sehingga berpotensi menyebabkan perasaan stress bahkan frustasi. Pada keadaan yang berat yang tidak segera diatasi, ketombe juga dapat menyebabkan kerontokan.

Mengatasi ketombe ringan umumnya cukup dengan penggunaan shampo anti ketombe yang mengandung bahan anti mikroba. Beberapa bahan tambahan lain seperti daun mint juga dapat menyegarkan kulit kepala sehingga mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman. Penggunaan shampoo secara teratur dapat mengurangi minyak berlebih serta mengangkat kulit kepala mati yang menumpuk. Apabila ketombe yang terjadi cukup berat, maka temuilah dokter spesialis kulit yang akan membantu mengatasi permasalahan ini.

TIPS MENCEGAH KETOMBE PADA RAMBUT BERHIJAB

Berikut beberapa tips untuk rambut berhijab agar rambut senantiasa sehat dan segar. Semoga bermanfaat!

  • Gunakan hijab maupun inner berbahan lembut, nyaman, dan menyerap keringat seperti katun ataupun kaos.
  • Gantilah inner secara rutin, apalagi bila banyak berkeringat.
  • Hindari menggunakan hijab dalam keadaan rambut yang basah, keringkan secara alami dengan handuk kemudian angin-anginkan.
  • Hindari gaya hijab berlapis-lapis terutama untuk aktivitas sehari-hari.
  • Hindari mengikat rambut terlalu kencang agar rambut dan kulit kepala tidak mudah berkeringat.
  • Bukalah hijab dan keringkan rambut dan kulit kepala secara alami setelah aktivitas yang menyebabkan banyak berkeringat.
  • Keramaslah menggunakan shampoo dengan kandungan bahan anti ketombe secara rutin 3-4 kali seminggu, agar kulit kepala bersih, terhindar dari mikroorganisme penyebab ketombe, dan terasa segar.
  • Gunakan hair mist sesudah keramas kemudian keringkan secara alami agar rambut tetap harum dan segar.

Image Sumber : http://bahasa.aquila-style.com/

MOST POPULAR