5 Tips Dapatkan Rambut Sehat

Tue 04 Oct 2016 2:10 PM

Setiap perempuan akan merasa bangga ketika mempunyai rambut sehat dan kuat.  Sayangnya untuk mendapatkan rambut sehat dan kuat diperlukan waktu yang tidak sebentar dan ketekunan dalam melakukan perawatannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan rambut sehat dan kuat, antara lain:

  • Kebiasaan Mencuci Rambut

Mencuci rambut atau keramas sering kali dianggap sepele sehingga dilakukan dengan asal-asalan. Padahal ada kebiasaan mencuci rambut yang salah dan justru menyebabkan rambut menjadi rusak. Misalnya keramas menggunakan air hangat. Meski terasa menyegarkan untuk tubuh yang sedang letih, faktanya keramas dengan air hangat membuat rambut kehilangan kelembaban alaminya hingga menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah patah.

Selain itu, keramas tidak boleh dilakukan terlalu sering. Cukup lakukan 2hari sekali. Keramas terlalu sering juga akan membuat rambutmu menjadi kering. Jika ingin keramas setiap hari, usahakan menggunakan conditioner 2hari sekali untuk mempertahankan kelembaban alami rambutmu. Ingat, gunakan conditioner hanya di batang rambut hingga ujung rambutmu agar tidak menimbulkan ketombe pada kulit kepala.

 

  • Pemilihan Produk Perawatan Rambut

Ada beragam produk perawatan rambut di pasaran. Pilihlah produk perawatan rambut yang tepat untuk mengatasi permasalahan rambutmu. Misalnya, jika kamu mengalami masalah rambut ketombe maka pilihlah produk perawatan rambut khusus untuk rambut berketombe. Begitu pula untuk kamu yang menggunakan hijab, sebaiknya pilihlah produk perawatan rambut yang diformulasikan untuk wanita berhijab, seperti Sariayu Hijab Hair Care Series yang mampu mengatasi berbagai masalah rambut wanita berhijab.

 

  • Memotong Rambut Secara Teratur

Rambut yang dibiarkan terus memanjang selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun akan mengalami masalah kering dan bercabang. Untuk mencegah dan mengatasinya rambut bercabang, lakukan pemotongan rambut sepanjang 1cm tiap 6-8minggu sekali. Selain mencegah rambut bercabang, memotong rambut secara teratur bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambut tampak lebih tebal.

 

  • Perawatan Secara Alami

Melakukan perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami dapat mempercepat proses mendapatkan rambut yang sehat dan kuat. Pilihlah bahan alami yang mengandung nutrisi baik untuk rambut, seperti telur, seledri, lidah buaya dan sebagainya. Perawatan rambut menggunakan bahan alami bisa dilakukan dengan mengolahnya menjadi masker rambut untuk mempermudah pengaplikasiannya di rambutmu.

 

  • Konsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Untuk memperoleh rambut yang sehat dan kuat tidak akan cukup jika tidak diikuti dengan pola makan yang baik. Penting untuk mengonsumsi bahan makanan bernutrisi tinggi, terutama yang mengandung vitamin E, vitamin C dan vitamin B kompleks. Misalnya brokoli, ubijalar,kentang, jeruk, kiwi, kacang almond, bayam dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi makan bernutrisi tinggi seperti itu masalah rambut seperti rambut kering, rontok, kusam, bercabang hingga berkutu dapat teratasi dari dalam.

 

Jika perawatan rambut dilakukan secara maksimal dengan memperhatikan kelima hal di atas, memilki rambut sehat dan kuat bukan sekedar impian belaka lagi. So, bye-bye rambut rusak!

MOST POPULAR