Perjalanan Sariayu Mendapatkan Sertifikasi Halal Grade A dari LPPOM MUI

Mon 13 Feb 2017 5:37 PM

Seiring dengan berjalannya waktu, kini wanita Indonesia semakin cerdas dalam memilih produk kecantikan favoritnya, tidak hanya yang mempercantik namun juga yang aman digunakan. Dan sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, salah satu hal yang menjamin keamanan dan kenyamanan sebuah produk kecantikan adalah sertifikasi halal dari lembaga MUI.  Ya, sertifikasi halal tidak hanya penting untuk produk makanan dan minuman saja, tetapi juga penting untuk dimiliki oleh sebuah produk kosmetik. Salah satu alasannya adalah karena produk kosmetik yang digunakan langsung pada kulit akan sangat mempengaruhi kenyamanan konsumen dalam menjalankan ibadah.

Sebagai wujud komitmen meningkatkan keamanan dan kenyamanan konsumen dalam menggunakan produknya, Sariayu pun berupaya mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI untuk produk-produknya. Bagaimana perjalanan Martha Tilaar Group mendapatkan sertifikasi halal untuk Sariayu? Simak wawancara bersama Atik Wijayanti selaku Product Development Manager sekaligus Ketua Auditor Halal Internal PT Martina Berto Tbk dan Nining Suryaningsih selaku Production Manager sekaligus Halal Representative PT Martina Berto Tbk ini.

Menurut Anda, apa pentingnya label halal dalam sebuah produk?

(NS): Bagi kami dan umat muslim, kehalalan sebuah produk tentu sangatlah penting. Tidak hanya makanan dan minuman, tapi juga segala yang digunakan harus halal dan thayyib atau baik. Sebab, bagi seorang muslim, segala hal baik dan halal jika yang masuk ke dalam tubuh maka akan keluar menjadi sesuatu yang baik pula.

(AW): Begitu pula untuk produk kosmetik. Selama ini, sebagaian dari kita hanya mengenal label halal untuk produk makanan dan minuman saja. Padahal semakin berkembangnya bahan-bahan kosmetik maka semakin banyak pula titik kritis kehalalannya. Jadi sangat penting bagi sebuah produk memiliki sertifikat halal, terutama untuk produk dari Martha Tilaar Group, khususnya Sariayu Hijab yang telah banyak dipakai di masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam dan sangat mementingkan kehalalan suatu produk.

Apa yang melatarbelakangi Martha Tilaar Group mengambil langkah mencari sertifikasi halal bagi produk-produknya, khususnya Sariayu?

(NS): Sertifikasi halal merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab perusahaan untuk memberikan produk yang bermutu, aman dan nyaman digunakan khususnya oleh konsumen muslim. Managemen perusahaan sangat menjunjung tinggi persyaratan tersebut hingga akhirnya di tahun 2009, kami memutuskan untuk mulai mensertifikasi produk-produk yang ada, termasuk Sariayu secara keseluruhan. Kami meyakini dengan adanya sertifikasi halal dari LPPOM MUI konsumen akan lebih nyaman dan yakin untuk menggunakan produk-produk dari Martha Tilaar Group. Sertifikasi tersebut menandakan bahwa proses produksi produk Martha Tilaar Group sudah terjamin dan sesuai dengan persyaratan serta kriteria produk halal.

Bagaimana proses Martha Tilaar Group mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI?

(AW): Di tahun 2009, sebelum memulai proses sertifikasi, kami membangun sistem terlebih dahulu, kami mengumpulkan data-data dari bahan yang digunakan dan memastikan kembali bahwa bahan-bahan yang digunakan di dalam produk sudah memenuhi kriteria kehalalan yang ditetapkan oleh LPPOM MUI. Kemudian, di tahun 2011 kami mulai mengajukan sertifikasi halal dan Sistem Jaminan Halal ke LPPOM MUI. Setelah melalui proses tersebut, kami melakukan audit internal dan kemudian dilanjutkan dengan proses audit dari LPPOM MUI. Baru di tahun 2012 lalu, akhirnya kami mendapatkan sertifikasi halal untuk produk dan Sistem Jaminan Halal dengan status A untuk pertama kalinya.

Apakah ini berarti sebelum mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI, Sariayu menggunakan bahan-bahan yang tidak masuk dalam kategori halal?

(NS): Tidak. Jauh sebelum tahun 2009, kami sudah mulai menggunakan bahan-bahan yang terbaik dan halal. Jadi saat kami mengajukan sertifikasi, kami tidak mengubah formula yang telah digunakan pada produk-produk tersebut.

Selama proses mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI, kendala apa yang harus dihadapi?

(AW): Kendala paling banyak ada di bahan baku karena bahan baku memiliki banyak sekali titik kritis kehalalannya, misalnya, bahan baku dari ekstrak, bahan metabolit dan bahan dari bioteknologi. Selain itu, kesadaran supplier atau principle terutama dari Eropa tentang produk halal masih sangat kurang. Jadi kami perlu meyakinkan kepada mereka bahwa kehalalan sangat penting untuk konsumen di Indonesia. Setelah diberikan pengertian, para supplier dan principle pun memberikan data yang diperlukan untuk melengkapi data kehalalan. Sebagai tambahan, untuk sistem di PT Martina Berto Tbk termasuk mudah karena sebelumnya kami sudah menerapkan ISO, jadi penerapan Sistem Jaminan Halal dapat berjalan berjalan berdampingan.

Lantas, strategi seperti apa yang dilakukan Martha Tilaar Group untuk menghadapi kendala tersebut?

(AW): Seperti yang sebelumnya saya jelaskan, kami membangun sistemnya terlebih dahulu. Hal tersebut sangat penting dilakukan sebelum mempresentasikan suatu produk bahwa semua bahan dan proses yang dilakukan Martha Tilaar Group sudah memenuhi kriteria kehalalan dan memastikan sistem sertifikasi halal dapat running dengan baik. Sertifikasi halal pun dilakukan secara bertahap, karena proses ini memakan banyak waktu, tenaga dan juga biaya terutama dalam mengumpulkan data-data pendukung kehalalan produk. Di tahap pertama, sertifikasi halal dilakukan pada Sariayu, baru kemudian produk-produk Martha Tilaar Group lainnya.

 

Jadi, upaya Martha Tilaar Group untuk membuat produk-produknya, khususnya Sariayu, mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI ini tidak main-main, Sahabat. Hal ini juga dibuktikan dengan fakta bahwa sejak tahun 2016, Sariayu berhasil mendapatkan dan mempertahankan sertifikasi halal grade A untuk ketiga kalinya. Semoga dengan adanya sertifikasi halal grade A dari LPPOM MUI ini, dapat membuatmu merasa lebih aman, nyaman dan semakin bebas berhijab ketika menggunakan produk-produk Sariayu ya, Sahabat.

MOST POPULAR