Yuk Cegah Kenaikan Berat Badan Setelah Lebaran!

Wed 12 Jul 2017 10:45 AM

Momen lebaran biasanya dijadikan ajang untuk bersilaturahmi dengan sanak-saudara dan para kerabat. Bahkan, banyak diantara kita rela menempuh perjalanan jauh ke kampung halaman hanya untuk berkumpul dengan keluarga besar yang jarang bertemu.

Di momen berkumpul ini, berbagai jenis makanan dan cemilan bertumpah ruah siap untuk disantap. Sayangnya, hampir setiap makanan khas lebaran adalah makanan yang rentan menyebabkan bobot tubuhmu meningkat pesat sehingga mempengaruhi kesehatan tubuhmu, Sahabat.

Sariayu punya tips untuk menjaga tubuhmu tetap sehat dan berat badan tetap terkontrol setelah lebaran. Simak yuk!

  • Makan Secukupnya

Makan memang salah satu kebutuhan utama manusia untuk dapat bertahan hidup. Namun, jangan lupa terapkan ajaran Nabi Muhammad SAW untuk makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Dengan makan secukupnya, kamu bisa mengontrol jumlah kalori yang dikonsumsi.

Selain itu, pastikan juga bahwa rasa laparmu bukan lapar palsu. Sebelum makan sebaiknya minum 1 gelas air putih lalu tunggu 10-20 menit untuk memastikan bahwa rasa lapar yang kamu alami bukan lapar palsu, Sahabat.

  • Atur Pola Makan dan Nutrisi yang Dikonsumsi

Mulailah untuk mengatur pola makanmu sekarang, Sahabat. Pola makan yang teratur dapat membantumu membedakan mana lapar palsu dan mana rasa lapar yang sebenarnya. Sebab, dengan pola makan yang teratur tubuh kan merekam dan memberi sinyal kapan waktu tubuh membutuhkan asupan makanan.

Tak cukup hanya mengatur pola makan. Kamu juga harus mulai memperhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi dan bagaimana nutrisi yang terkandung di dalamnya. Karena setiap jenis makanan memiliki kandungan yang berbeda-beda maka pilihlah makanan yang memiliki kandungan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Kebutuhan nutrisi setiap orang sangat tergantung dari faktor umur, usia, riwayat penyakit maupun aktivitas sehari-harinya.

  • Terapkan Pola Hidup Sehat

Untuk menjaga tubuhmu tetap sehat dan berat badanmu tetap stabil, mulailah menerapkan pola hidup sehat, Sahabat. Pola hidup sehat tidak hanya terbatas pada menjaga pola makan saja, tapi juga menjaga pola tidur dan tentunya melakukan olahraga secara rutin. Dengan menjadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidupmu, memiliki tubuh sehat dengan berat badan terkontrol tidaklah sulit, Sahabat!

Love yourself with a healthy life!

MOST POPULAR