Mau Sehat? Yuk, Berkuda

Wed 18 Nov 2015 4:18 AM

Olahraga adalah bentuk aktivitas untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga seperti jogging, renang, yoga, atau senam mungkin adalah beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan. Tapi pernahkah kamu berpikir untuk mencoba olahraga berkuda? Berkuda merupakan salah satu olahraga yang cukup menantang dan menyehatkan. Selain itu, tahukah kamu? Ternyata berkuda adalah salah satu olahraga yang diperintahkan oleh Rasulullah dalam sebuah hadits sahih yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim.

Manfaat Berkuda

  1. Berkuda dapat menguatkan otot pinggang. Dalam berkuda, gerakkan didominasi oleh bagian pinggang, sehingga otot pinggang menjadi kuat. Ini dapat mengurangi risiko sakit pinggang karena terlalu lama duduk saat beraktifitas.
  2. Bagi perempuan, berkuda dapat membantu membentuk pinggul lebih indah.
  3. Melatih ketajaman mata. Memacu lari kuda sambil melihat ke depan, bisa membantu mempertajam pengelihatan.
  4. Berkuda membantu memperlancar aliran darah secara menyeluruh ke seluruh tubuh.
  5. Baik untuk kesehatan jantung. Tidak seperti olahraga biasa, berkuda selama setengah jam, sama dengan ketika naik flying fox dari ketinggian 30 meter, dengan jarak tempuh +/- 20detik.
  6. Melatih kesabaran dan konsentrasi. 

Dengan manfaat olahraga berkuda yang dianjurkan oleh Rasulullaah ini, tentu kamu akan merasakan banyak manfaat sehat bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Sumber foto : http://1.bp.blogspot.com/-2h2axQeCMbc/TqgNIipCh8I/AAAAAAAAEnk/skVh2PexNrc/s1600/berkuda+1.jpg

MOST POPULAR