Atasi Rambut Rontok karena Memakai Hijab

Tue 24 Nov 2015 4:31 AM

Meski melindungi dari sinar matahari, menggunakan hijab terkadang malah memicu kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan, rambut dan kulit kapala yang tertutup sepanjang hari dan menjadi lembap, dapat merapuhkan helai rambut. Agar rambut tetap sehat dan tumbuh indah meski memakai hijab, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1. Pakai Hijab yang Menyerap Keringat

Tertutup hijab sepanjang hari selama beraktifitas membuat kulit kepala mudah berkeringat dan membuat rambut cepat lepek, lembap, dan bau apek. Untuk meminimalisir, gunakanlah hijab dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan nyaman seperti katun atau kaos.

2. Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Basah

Memakai hijab usai keramas tanpa menunggu rambut benar-benar kering sangatlah tidak disarankan. Selain tidak nyaman, rambut setengah basah akan membuat kondisi kulit kepala dan helai rambut lembap, rapuh dan mudah rontok.

3. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Rambut juga butuh bernafas agar tumbuh sehat. Karena itu, hindari mengikat rambut terlalu kencang. Rambut yang diikat terlalu kencang berpotensi rusak dan patah.

4. Rutin Membersihkan Rambut

Kulit kepala yang berkeringat atau berminyak tentu dapat menjadi pemicu munculnya ketombe, lalu kerontokan rambut. Jaga kebersihan rambut dengan keramas secara teratur. Lakukan keramas 2-3 kali seminggu agar rambut selalu bersih dan segar serta tidak mudah patah. Sesekali, rawat juga rambut Anda dengan perawatan ekstra seperti creambath atau hair mask.

5. Sisir Bergigi Jarang

Biasanya, rambut menjadi agak kusut setelah seharian memakai hijab. Rapikan rambut dengan sisir yang bergigi jarang  secara perlahan agar kerontokan rambut dapat diminimalisir.

Gambar: https://www.pinterest.com/pin/529102656197301852/

MOST POPULAR