Kurma dan Segala Kelebihannya

Fri 04 Dec 2015 9:25 AM

Berbeda dengan buah tropikal yang biasa dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, buah kurma adalah salah satu buah yang biasanya hanya dikonsumsi saat memasuki bulan suci Ramadhan. Padahal manfaat dan khasiat buah kurma bagi tubuh tak kalah dengan buah lain, bahkan lebih. Bahkan buah kurma adalah salah satu buah yang disebut dalam dalam Al-Quran.

Keutamaan Buah Kurma dalam Hadist

Berdasarkan sejarah, pada tahun 4.000 SM kurma mulai dibudidayakan di Mesopotamia sementara di Eropa dan Asia, kurma baru dikenal pada abad ke-18. Pohon kurma dapat tumbuh subur di tanah yang kering dan tandus seperti Jazirah Arab. Buah berwarna cokelat dengan rasa yang manis ini bukanlah buah biasa, dalam Al-Quran,  kurma disebut sebanyak 24 kali. Hal ini menunjukkan bahwa kurma memiliki keistimwaan dari buah-buahan lain.

“Di bumi ada buah-buahan dan ada pohon kurma yang memiliki kelopak mayang.” (Q.S. Ar-Rahman: 11).

Selain di Al-Quran, berbagai manfaat kurma juga disebutkan di berbagai hadis, antara lain Rasulullah SAW bersabda:

“Kurma itu menghilangkan penyakit dan tidak membawa penyakit. Ia berasal dari surga. Dan di dalamnya terkandung obat.”

Umat Islam juga dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma ketika berbuka puasa, Nabi Muhammad SAW, seperti yang diriwayatkan Salman bin Amir bersabda:

“Apabila salah seorang di antara kamu berpuasa, hendaklah berbuka dengan kurma, bila tidak ada kurma, hendaklah dengan air (H.R.: Ahmad dan At-Tirmidzi).

Khasiat dan Manfaat Buah Kurma

Kurma mengandung mineral yang sangat baik bagi tubuh, di antaranya kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium/sodium, zat besi, dan klorin. Selain memiliki rasa yang enak, kurma tinggi akan serat sehingga dapat mengenyangkan dan memberi tenaga. Meski kaya serat, namun kurma mudah dicerna, menyembuhkan penyakit seperti sambelit dan usus, penguat memori, penawar racun, baik untuk wanita hamil, dan memberikan kesehatan pada tubuh manusia. Untuk semua manfaat ini, tidak ada salahnya selalu menyediakan kurma di ruang makan atau meja kantormu, lho.

Gambar: https://www.pinterest.com/pin/445152744396859689/

MOST POPULAR