Enam Olahraga yang Sering dilakukan Rasulullah

Tue 15 Dec 2015 4:10 AM

Rasulullah SAW selalu mengajarkan dan memberikan panutan yang baik bagi kehidupan kaumnya, termasuk dalam bidang olahraga. Olahraga tak hanya dilakukan agar badan sehat, tetapi juga agar hati memperoleh kegembiraan. Berikut ini adalah enam olahraga yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW:

1. Lomba Lari Cepat

Para sahabat terbiasa melakukan perlombaan lari cepat dan Nabi pun mengizinkannya. Bahkan, Rasulullah SAW pernah mengadakan pertandingan dengan istrinya guna memberikan kesegaran.

2. Gulat

Rasulullah pernah bergulat dengan seorang laki-laki bernama Rukanah yang terkenal kekuatannya, dan permainan ini dilakukan beberapa kali.

3. Memanah

Rasulullah SAW bersabda: “Lemparlah panahmu itu, dan saya bersama kamu sekalian.” (HR. Bukhari). Pertandingan memanah itu bukan sekadar hobi atau permainan, tetapi cara mempersiapkan kekuatan sebagaimana diperintahkan Allah SWT: “Dan bersiap-siaplah kamu sekalian untuk menghadapi mereka (musuh) dengan kekuatan yang kamu miliki.” (QS. Al Anfal: 61).

Namun, Rasulullah mengingatkan para sahabat agar tidak menjadikan binatang-binatang jinak sebagai sasaran latihan, sebagaimana yang biasa dilakukan oleh orang Arab Jahiliyah.

4. Bermain Anggar

Dalam hal ini Rasulullah memperkenankan orang-orang Habasyah (Ethiopia) bermain anggar di dalam Masjid Nabawi dan beliau pun membolehkan Aisyah untuk menyaksikan permainan itu.

5. Pacuan Kuda

 “Sesungguhnya Rasulullah pernah mengadakan pacuan kuda dan memberi hadiah kepada pemenangnya.” (HR. Muslim).

6. Berburu

Berburu hakikatnya adalah hiburan, olah raga, sekaligus bekerja, baik dengan menggunakan tombak, panah, maupun menggunakan anjing buruan. Aktivitas semacam ini diperbolehkan baik dalam Al-Qur’an maupun hadis.

Gambar: https://www.pinterest.com/pin/408068416215698177/

MOST POPULAR