Tips Pilih Hijab Agar Penampilan Semakin Segar

Tue 13 Dec 2016 1:29 PM

Seperti yang telah dijelaskan dalam surat An-Nur ayat 31, “Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya),kecuali kepada suami mereka ….”, bahwa berhijab adalah kewajiban bagi perempuan muslim yang sudah baligh.

Namun, diperlukan pertimbangan dalam memilih dan menggunakan hijab. Indonesia yang berada di garis khatulistiwa tergolong negara tropis yang cenderung panas. Untuk itu, sebaiknya gunakanlah hijab dengan bahan katun yang mudah menyerap keringat agar hijab tetap nyaman digunakan.

Selain itu, pertimbangkan juga warna hijab yang akan kamu gunakan. Pemilihan warna hijab yang salah akan menyebabkan kulit wajahmu terlihat kusam dan tak menarik. Berikut tips memilih warna hijab berdasarkan tone kulitmu:

  • Dark Skin Tone

Jikakamu berkulit gelap atau masuk dalam kategori dark skin tone maka sebaiknya pilihlah warna-warna cerah untuk mencerahkan kulit wajahmu. Hijab berwana pastel atau lavender adalah warna terbaik untuk kamu yang memiliki dark skin tone. Hindari penggunaan hijab berwarna hitam atau coklat karena akan menambah kesan gelap pada kulitmu.

 

  • Medium Skin Tone

Di Indonesia, medium skin tone lebih dikenal dengan kulit sawo matang. Perempuan yang memiliki kulit jenis ini sebaiknya menggunakan hijab berwarna pastel, gading, biru tua, ungu atau merah maroon untuk meningkatkan kecerahan kulit wajahmu. Sebaiknya, urungkan niatmu menggunakan hijab berwarna merah, kuning, keemasan,  hijau, coklat tua, orange dan hitam jika kamu tidak ingin terlebih semakin kusam.

 

  • Light Medium Skin Tone

Selain medium skin tone, warna kulit jenis ini juga banyak dimiliki oleh perempuan Indonesia. Umumnya, light medium skin tone disebut dengan kuning atau putih langsat. Hijab berwana pink, merah, biru dan krem adalah yang paling cocok untuk perempuan berkulit light medium skin tone. Sebaliknya, warna caramel, coklat dan orange harus dihindari agar tidak menyebabkan kulit tampak kusam.

 

  • Light Skin Tone

Jangan berbahagia dulu bila kamu tergolong light skin tone atau cenderung memiliki kulit yang putih. Meski terasa cocok menggunakan hijab berwarna apa saja, ada tantangan sendiri untuk memilih warna hijab agar tidak membuat wajah tampak pucat. Gunakan hijab berwarna gelap atau terang mencolok seperti merah, hijau, abu-abu dan hitam untuk menonjolkan wajah cerahmu. Hindari warna pastel, beige dan putih agar tidak terlihat pucat.

Bagaimana, Sahabat? Sudah tahu jenis bahan dan warna hijab apa yang cocok untuk kulitmu? Semoga dengan tips ini kamu dapat tampil semakin cantik dan tetap istiqomah dan hijab yang kamu kenakan. 

 

Sumber

Foto

MOST POPULAR