Tips Bebas Berhijab Meski Sibuk Sepanjang Hari

Mon 19 Dec 2016 2:48 PM

Tak peduli apapun aktivitas harianmu,  menggunakan hijab merupakan sebuah kewajiban bagi seorang muslimah yang sudah balig. Tak tanggung-tanggung, Sahabat,  Allah SWT sendiri yang langsung memerintahkannya melalui surat  An-Nuur ayat  31:

“Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali  yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka , atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

Meski begitu, dalam menjalankan kewajiban mengenakan hijab kamu juga harus memperhatikan kesehatan rambut di balik hijabmu.  Sebab, tak bias dipungkiri menggunakan hijab seharian di daerah tropis seperti Indonesia sering kali menyebabkan rambut berhijabmu mengalami berbagai macam masalah seperti rontok, berketombe, lepek, bau tak sedap dan sebagainya.

Ada beberapa tips yang bias kamu terapkan setiap hari untuk menjaga kesehatan rambut berhijabmu, yaitu:

  • Keramas secara teratur

Menggunakan hijab sepanjang hari membuat debu dan minyak menumpuk pada kulit kepala. Untukitu, kamu harus keramas secara rutin dan teratur minimal 2-3 kali seminggu. Sebaiknya gunakan shampoo yang diformulasikan khusus untuk perempuan berhijab sehingga mampu membersihkan kulit kepalamu secara maksimal.

 

  • Gunakan conditioner setelah keramas

Karena untuk mendapatkan rambut  yang sehat dan kuat, penggunaan shampoo saja belum cukup maka kamu harus menggunakan conditioner setiap habis keramas. Untuk hasil terbaik, gunakan conditioner di batang hingga ujung rambut saja. Hindari penggunaan condioner di kulit kepala yang dapat menimbulkan masalah ketemobe di kemudian hari.

 

  • Gunakan hair  tonic

Selain conditioner, untuk lebih memperkuat akar dan batang rambut berhijabmu usapkan hair tonic setelah keramas. Hair tonic sebaiknya digunakan saat rambut dalam keadaan setengah basah kemudian biarkan rambut kering secara alami.

 

  • Gunakan hair mist

Jaga kesegaran dan keharuman rambut berhijabmu dengan menggunakan hair mist. Semprotkan pada rambut maupun pada hijab kesayanganmu kapanpun kamu membutuhkannya.

 

  • Keringkan rambut sebelum menggunakan hijab

Pastikan rambutmu sudah benar-benar kering sebelum kamu mengenakan hijab untuk beraktivitas agar tidak menyebabkan rasa pusing dan menimbulkan bau apek yang menganggu.

 

  • Pilih bahan hijab yang menyerap keringat

Karena digunakan sepanjang hari, pilihlah hijab berbahan kaos atau katun yang dapat menyerap keringat. Selain itu, hindari menggunakan hijab berwarna gelap pada siang hari.

 

  • Pilih model rambut yang praktis dan biarkan rambut bernapas

Kenyamanan berhijab ternyata sangat dipengaruhi oleh model rambutmu. Hindari memilih model rambut berponi yang dapat menyulitkanmu saat menggunakan hijab. Akan lebih baik jika kamu memilih model rambut berpotongan pendek agar rambutmu bias tetap bernapas tanpa harus diikat sepanjang hari.

 

  • Perbanyak konsumsi air putih dan makanan tinggi nutrisi

Biarpun kamu sudah melakukan perawatan rambut yang dikhususkan untuk perempuan hijab, penting bagimu menyeimbangkannya dengan melakukan perawatan dari dalam. Seperti mengonsumsi makanan tinggi nutrisi seperti sayur dan buah-buahan untuk merangsang regenerasi sel-sel rambut. Jangan lupa, minum air putih minimal 2 liter sehari untuk menjaga kelembapan rambut dan kulitkepala.

So? Tunggu apalaggi, Sahabat? Klik http://bit.ly/SAHijabDiskon dan dapatkan perawatan rambut terbaik bagi wanita berhijab dari Sariayu Hijab Hair Care Series.

MOST POPULAR