Bertutur Kata yang Baik atau Diam

Wed 18 Nov 2015 4:15 AM

Dalam sebuah riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah ia menyakiti tetangganya, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah bicara yang baik atau lebih baik diam.” (HR.Bukhari).

Kutipan hadits di atas tentu sudah tidak asing bagi umat muslim. Sebagai agama yang mengajarkan nilai kebaikan dalam setiap aspek kehidupan manusia, Islam juga memiliki aturan dalam bertutur kata. Ini dilakukan agar kaum muslim menjadi orang-orang yang menjunjung tinggi adab bersosial dan kesopanan dalam bertutur kata.

Namun, perkembangan zaman yang semakin canggih dengan munculnya beragam media sosial, terkadang membuat kita sulit “mengerem” kata-kata yang keluar, baik itu dari lisan maupun tulisan. Padahal sesungguhnya setiap ucapan ataupun tulisan akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat kelak. Jadi, daripada bicara atau menulis hal yang sia-sia dan cenderung merugikan, lebih baik lakukan hal-hal berikut yuk!

Jadilah Pendengar yang Baik

Menjadi pendengar yang baik tidak hanya harus mendengarkan dengan seksama apa yang orang lain bicarakan tanpa memotong pembicaraan. Pendengar yang baik juga harus bisa menjaga rahasia, agar terhindar dari sikap dusta dan ghibah.

Berkomentar Jika Perlu

Jika tidak dimintai pendapat, usahakan tidak perlu mengomentari cerita orang lain, apalagi jika komentar yang kamu berikan berpotensi menambah keruh suasana. Sebaliknya, jika seorang teman meminta saran atas ceritanya, barulah berikan saran sesuai dengan kapasitasmu sebagai teman dengan obyektif.

 

Berkumpulah dengan Orang-Orang Baik

Pergaulan sangat berpengaruh dalam pembentukan sikap dan perilaku. Untuk itu, menjadi cerdas dalam pergaulan sangatlah penting. Bukan berarti harus membeda-bedakan dalam bersosialisai, namun berkumpul secara rutin dengan sahabat-sahabat yang dapat motivasi dirimu menjadi muslimah yang baik tentu akan lebih mendatangkan manfaat. Selain itu, cerdas memilih sahabat akan menumbuhkan semangat positif yang akan melindungimu dari perbuatan tercela. Insya Allah.

Perbanyak Membaca Al-Quran dan Berdzikir

Tahan hasrat membicarakan hal-hal yang kurang penting dengan perbanyak membaca Al-Quran ataupun berdzikir. Dengan niat yang ikhlas dan berdzikir, Insya Allah lisan akan menjadi lebih terjaga dan tutur kata Kamu akan semakin baik.

Sumbergambar : http://hdwallpapers360.com/2014/09/women-hijab-hd-wallpapers.html

MOST POPULAR