Jadikan Doa Orangtua Pengantar Kesuksesan

Tue 24 Nov 2015 4:35 AM

Meraih kesuksesan, baik di dunia ataupun di akhirat, adalah tujuan kehidupan yang diinginkan oleh hampir semua orang. Untuk mencapai kesuksesan, manusia tidak hanya harus berusaha sebaik-baiknya, namun juga terus berdoa kepada Allah SWT. Doa tanpa usaha merupakan hal yang mustahil, sedangkan usaha tanpa berdoa pun tidak akan mendapatkan ridho dan berkah dari Allah SWT.

Berharap Ridho dari Allah Melalui Orangtua

Selain berdoa sendiri, kita pun dapat meminta bantuan doa dari orangtua. Oleh karena itu, janganlah melupakan peran orangtua saat kita mencapai kesuksesan. Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah berkata “Ridho Allah tergantung pada ridho orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua..” Pernyataan tersebut menguatkan bahwa mengejar ridho orangtua sama saja mengejar ridho dari Allah SWT.

Berbakti kepada orangtua merupakan suatu amalan yang hendaknya dilakukan oleh manusia selama di dunia. Hal tersebut tercermin dalam QS. Al Isra: 23 yang berarti, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” Selain ayat di atas, ajaran Allah SWT untuk berbakti kepada orangtua tertera dalam QS. An Nisa: 36, QS Al An’am; 151, Lukman: 13-14, dan Al Ahqaf; 15. 

Lalu, bagaimana cara berbakti kepada orangtua ketika kita sedang dilanda kesibukan? Sebagai seorang anak, kita sebaiknya mendengarkan nasihat yang baik dari orangtua kita. Selain itu, usahakan untuk mendengarkan keluh kesah dan cerita yang mereka sampaikan. Jika berbicara dengan keduanya, gunakan nada suara yang pelan dan lembut. Walaupun sibuk, usahakan pula untuk tidak memutuskan silaturahim dengan kolega orangtua. Jika orangtua telah meninggal dunia, kita dapat mendapat ridho Allah dengan mendoakan orangtua.

Gambar :  https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/d3/e8/3d/d3e83dd9d9b2c0e1a956f2b25456f970.jpg

MOST POPULAR