Mengarungi Sejarah di Museum Gajah Jakarta

Mon 07 Dec 2015 6:28 AM

Hobi travelling ke berbagai kota di Indonesia kurang lengkap rasanya tanpa berkunjung ke museum. Mengapa museum? Karena di museum, kamu bisa menemukan banyak hal baru dan mengetahui sejarah Indonesia.

 

Salah satu museum yang wajib kamu kunjungi adalah Museum Gajah di Jakarta.  Museum yang terletak di Jalan Merdeka Barat 12 ini sebenarnya bernama Museum Nasional Indonesia, kemudian dijuluki “Museum Gajah” karena terdapat patung gajah yang menghiasi pelataran museum. Patung tersebut merupakan hadiah Raja Chulalongkorn dari Thailand yang diberikan pada tahun 1871.

 

Koleksi Apa Saja yang Bisa dilihat di Museum Gajah?

Museum Gajah terdiri dari dua bangunan, yakni bangunan utama (Gedung Gajah/Gedung Utara) dan gedung Arca (Gedung Selatan). Kedua gedung ini dihubungkan dengan jembatan berdinding kaca. Di gedung utama, kamu bisa menjelajah  ruang Etnografi yang berisi kebudayaan dari beragam suku di Indonesia, mulai dari patung, anyaman, miniatur rumah adat, senjata, hingga alat musik tradisional. Lalu ada apa di gedung Arca?

Di gedung bagian Selatan Museum Nasional, terdapat banyak koleksi menakjubkan dari Nusantara berupa prasasti, arca, keramik, dan kerajinan. Di tahun 2006, koleksinya mencapai 140.000 unit yang berasal dari hibah kolektor, penggalian, dan pembelian. Selain koleksi asal Indonesia, Museum Nasional juga memiliki koleksi kerajinan dari mancanegara, seperti Cina dan negara-negara Asia lainnya. Salah satu koleksi paling berharga adalah patung terbesar di museum ini adalah Patung Bhairawa dengan tinggi 4.1 meter.

Di Museum Gajah, kamu juga bisa melihat prasasti-prasasti peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha, seperti Prasasti Telaga Batu, Talang Tuwo, Kedukan Bukit (Sriwijaya), Prasasti Yupa (Kutai), dan Prasasti Tugu (Tarumanegara) secara langsung. Untuk menjelajahi museum dengan luas 26.000 meter2 ini, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam lamanya. Namun, kamu tidak akan merasa bosan karena banyak sekali koleksi yang dapat dilihat sekaligus spot foto yang bagus di sini. Yuk, ke museum!

Gambar: http://www.keliaran.com/images/content/view/28.jpg

MOST POPULAR