Menjamah Budaya Sunda di Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Wed 23 Dec 2015 9:46 AM

Sudah pernah berkunjung ke Kampung Budaya Sindangbarang? Atau kamu justru baru pertama kali mendengar nama tempat wisata ini? Kampung Budaya Sindangbarang merupakan kampung tertua di wilayah Bogor berdasarkan sumber dari Naskah Pantun Bogor serta Babad Pajajaran. Kampung ini terletak di Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk menempuh tempat tersebut, tidaklah sulit karena hanya berjarak 5 km dari pusat kota Bogor.

Kenali Kebudayaan Sunda di Kampung Budaya

Di Kampung Budaya Sindangbarang ini terdapat 8 macam jenis kesenian Sunda yang sudah direvitalisasi dan dilestarikan oleh para penduduknya yaitu Seni Gondang, Parebut Se’eng, Kendang Pencak, Seni Reog, Angklung Gubrag, Calung, dan Jaipong. Disini juga terdapat berbagai situs-situs purbakala peninggalan kerajaan Pajajaran yang berupa bukit-bukit berundak. Setiap satu tahun sekali, diselenggarkan sebuah upacara adat Seren Taun, yaitu upacara ungkapan rasa puji syukur masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen serta hasil bumi.

Untuk menjaga serta melestarikan kesenian tradisional yang ada di kampung budaya, diselenggarakan juga pelatihan tari dan gamelan yang ditujukan untuk para generasi muda secara gratis. Anak-anak muda yang sudah mahir dalam bidang kesenian akan diikutsertakan dalam pementasan menyambut tamu yang tentunya juga akan menambah penghasilan untuk diri mereka sendiri. Jika kamu ingin datang ke Kampung Budaya Sindangbarang, datanglah pada hari Minggu karena pertunjukan budaya hanya dipertontonkan pada hari Minggu.

Gambar: http://infojalanjalan.com/wp-content/uploads/2015/08/Kampung-Budaya-Sindang-Barang-Bogor.jpg

MOST POPULAR